+62 812-1036-0089 pejuangstan2018@gmail.com

Sekolah Tinggi Akuntasi Negara

Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) merupakan Perguruan Tinggi  Kedinasan terfavorit yang berada di bawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma di bidang keuangan negara.

Politeknik Keuangan Negara STAN diresmikan pada tanggal 15 Juli 2015 yaitu berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI No. 137/PMK.01/ 2015 yang membahas tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN. PKN STAN merupakan transformasi dari sekolah kedinasan yang cukup dikenal yaitu Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

 

Dalam proses pendiriannya sampai bisa menjadi seperti sekarang tentu Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) melalui periode yang cukup panjang dan tidak mudah. STAN merupakan hasil penggabungan dari penyelenggara pendidikan tinggi di bidang keuangan negara berbentuk kursus jabatan, akademi, dan sekolah tinggi yang dikelola oleh institusi pemerintah pengelola keuangan negara saat itu yaitu Jawatan Pajak dan Jawatan Pabean. Kalau saat ini  lebih kita familiar kita kenal dengan nama Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Berdasarkan catatan sejarah yang ada, berdirinya akademi dan kursus tersebut (cikal bakal Sekolah Tinggi Akuntasi Negara) sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka. Tujuan yang melatarbelakagi untuk didirikan akademi tersebut yaitu tentang minimnya ketersediaan  SDM yang punya keahlian khusus di bidang keuangan negara.  Jadi banyak lembaga pendidikan tinggi lain yang dapat memenuhi kebutuhan ini. Padahal tenaga yang ahli dibidang keuangangan negara sangat dibutuhkan oleh suatu negara. Tanpa orang yang ahli dibidang ini, keuangan negara akan menjadi kacau.

VISI dan MISI PKN STAN

Visi PKN STAN:

“Menjadi Perguruan Tinggi terkemuka di Indonesia yang menghasilkan pengelola keuangan negara bereputasi internasional”.

Misi PKN STAN :

  1. Menyelenggarakan program pembelajaran berkualitas tinggi dalam rangka penguasaan pengetahuan dan keahlian di bidang pengelolaan keuangan negara;

  2. Menyelenggarakan penelitian berkualitas tinggi · dalam rangka pengembangan dan penerapan pengetahuan dan keahlian di bidang pengelolaan keuangan negara; dan

  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berkualitas tinggi dalam rangka penerapan pengetahuan dan keahlian di bidang pengelolaan keuangan negara.

JURUSAN YANG ADA DI PKN STAN

Bagi Anda lulusan SMA/MA/SMK sederajat yang menenuhi syarat masuk STAN bisa melilih Program Studi yang ada di PKN. Berikut adalah jurusan PKN STAN, silahkan disesuiakan dengan minat dan bakat Anda.

  1. Program Studi Diploma III / IV Akuntansi
  2. Program Studi Diploma I / III Pajak
  3. Program Studi Diploma III Penilai / Pajak Bumi dan Bangunan
  4. Program Studi Diploma I / III Kepabeanan dan Cukai
  5. Program Studi Diploma I / III Kebendaharaan Negara
  6. Program Studi Diploma III Manajemen Aset

Sedangkan untuk program studi non-reguler yang di tawarkan oleh PKN STAN yaitu :

  1. Program Studi Diploma IV Akuntansi (Tugas Belajar)
  2. Program Studi Diploma III Akuntansi dengan Kurikulum Khusus
  3. Program Studi Diploma III Pajak dengan Kurikulum Khusus

Tempat Pendidikan STAN

Alamat tempat pendidikan diselengarakan di :

  1. Kampus PKN STAN Jakarta, Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Banten.
  2. Pusdiklat Bea dan Cukai, Jl. Bojana Tirta III, Rawamangun, Jakarta Timur.
  3. Balai Diklat Keuangan Medan, Jl. Ekawarni, Medan, Sumatera Utara.
  4. Balai Diklat Keuangan Palembang, Jl. Sukabangun II, Sukarami, Palembang, Sumatera Selatan.
  5. Balai Diklat Keuangan Yogyakarta, Jl. Raya Solo Km.11, Purwomartani, Kalasan, Sleman, DIY.
  6. Balai Diklat Keuangan Malang, Jl. A. Yani Utara No.200, Malang, Jawa Timur.
  7. Balai Diklat Keuangan Denpasar, Jl. Kusumah Atmaja No.19, Denpasar, Bali.
  8. Balai Diklat Keuangan Balikpapan, Jl M.T. Haryono Dalam Nomor 39A RT 84 Balikpapan, Kalimantan Timur.
  9. Balai Diklat Keuangan Makasar, Jl. A. Yani No.1, Makassar, Sulawesi Selatan.
  10. Balai Diklat Keuangan Cimahi, Jl. Gado Bangkong No.111, Cimahi, Jawa Barat.
  11. Balai Diklat Keuangan Manado, Jl. Mapanget Raya Km 0,5 Paniki Manado,Sulawesi Utara.

Sama dengan sekolah lainya, waktu studi pendidikan Program Studi Diploma III adalah enam semester yang harus diselesaikan dalam waktu tiga tahun. Beban studinya adalah 120 SKS. Untuk Program Studi D1 lama pendidikan yang harus dijalani oleh mahasiswanya adalah selama satu tahun (dua semester), bertempat di Kampus PKN STAN Jakarta dan di Balai Diklat Keuangan yang terdapat di delapan daerah, yaitu di Kota Medan, Kota Palembang, Kota Yogyakarta, Kota Malang, Kota Balikpapan, Kota Makassar, Kota Cimahi dan Manado. Sedangkan Untuk Program Studi D3  llama pendidikan yang harus dijalani oleh mahasiswanya adalah selama tiga tahun (enam semester), bertempat hanya di Kampus PKN STAN Jakarta.

Karena PKN STAN memakai sistem ikatan dinas sebagaimana ditegaskan kembali dalam Keputusan Menteri Keuangan RI No.289/KMK.014/2004 tanggal 14 Juni 2004 tentang Ketentuan Ikatan Dinas bagi Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan RI. Maka setiap Lulusan/alumninyanya wajib kerja selama tiga kali masa pendidikan ditambah satu tahun.

Lulusan STAN selanjutnya  akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) serta akan ditempatkan di instansi-instansi di lingkungan Kementerian Keuangan dan instansi-instansi pemerintah lainnya, baik yang berada di pusat maupun di daerah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain sudah ada jaminan kerja, enaknya jika Anda bisa diterima menjadi mahasiswa STAN yaitu selama pendidikan, mahasiswa tidak akan dipungut biaya pendidikan alias GRATIS!! dan tidak diasramakan. Sebab semua sudah di biayai oleh negara, guna mencetak generasi unggul dibidang keuangan negara.

Setelah lulus pendidikan maka para alumninya akan  dan ditempatkan  di instansi-instansi di lingkungan kementerian keunagna dan akan diproses pengangkatan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan golongan II/a untuk lulusan Program Studi Diploma I dan golongan II/c untuk lulusan Program Studi Diploma III. Setelah bekerja dan mengikuti Diklat Pra Jabatan Tingkat II akan diproses pengangkatan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan pangkat Pengatur Muda / golongan II/a untuk lulusan Program Studi Diploma I dan pangkat Pengatur / golongan II/c untuk lulusan Program Studi Diploma III.

Syarat Lulus STAN

Mahasiswa STAN akan dinyatakan lulus apabila tiap semester mampu menyelesaikan persyaratan sebagai berikut:

  • Mahasiswa telah/mampu menyelesaikan seluruh SKS yang dipersyaratkan yaitu  120 SKS
  • Mahasiswa tidak memperoleh nilai D pada MKU (Mata Kuliah Umum) dan MKK (Mata Kuliah Keahlian), mahasiswa tidak mendapat lebih dari dua nilai D pada MKDK (Mata Kuliah Dasar Keahlian), atau nilai E pada semua mata kuliah
  • Mahasiswa memperoleh IP minimal 2,75 pada akhir semester ganjil dan semester genap

Jika ada mahasiswa yang tidak memenuhi syarat dan ketentuan seperti diatas maka akan dikeluarkan (Drop Out) dari pendidikan. Penentuan kelulusan ini diatur dalam Keputusan Kepala Badan Diklat Keuangan No.KEP-207/BP/2000 tanggal 28 Agustus 2000 tentang Ketentuan-ketentuan Pengelolaan / Penyelenggaraan Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: