+62 812-1036-0089 pejuangstan2018@gmail.com

Tata Cara Pendaftaran USM PKN-STAN 2018

Cara Masuk STAN – Bagi pelajar yang sudah lulus SMA atau sederajat, ditahun 2018 ini seperti tahun-tahun sebelumnya ada kesempatan untuk bersekolah di sekolah kedinasasn STAN. Salah satu sekolah kedinasan paling favorit di negeri ini. Di Tahun 2018 ini, Kementrian Pendayagunaan Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia mengumumkan akan membuka 7.301 kursi pendaftran untuk calon mahasiswa baru.

Pendaftaran masuk STAN  akan di buka pada 9 sampai 30 April 2018. Apakah kamu tertarik untuk masuk ke STAN ditahun ini? Jika iya baca dan pahami artikel ini sampai habis.

Sebelum kamu mendaftar, ada hal yang perlu kamu cermati agar peserta tidak langsung gugur dan biasanya banyak calon mahasiswa yang tidak paham dengan hal ini. Hal tersebut adalah aturan untuk melakukan pendaftran di STAN setiap peserta hanya boleh mendaftar satu program studi dari semua program studi yang ditawarkan tidak boleh lebih. Jadi jika kamu mengambil lebih dari satu program studi, otomatis kamu akan dinyatakan gugur. Mulai sekarang fikirkan matang-matang program studi apa yang akan kamu ambil.

Jika kamu sudah tahu program studi yang ingin ambil STAN, silahkan baca panduan cara registrasi masuk STAN di tahun 2018 berikut ini. Untuk melakukan pendaftarn, calon pelamar sekolah kedinasan wajib tahun dan menyiapkan syarat-syarat pendaftaran. Jika kamu belum tahu apa saja persyaratan untuk masuk STAN, kamu harus membaca dulu artikel 7 Syarat Masuk STAN.

Syarat-syarat dokumen untuk masuk STAN

Setelah kamu tahu apa saja syarat yang harus dipersipkan untuk masuk STAN maka langkap selanjutnya adalah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pendaftran.

Dokumen penting yang kamu harus siapkan adalah sebagai berikut:

  1. NIK ( Nomor Induk Kependudukan) Calon pelamar, Nomor Kartu Keluarga, dan NIK Kepala keluarga yang tercantum sesuai data pada Kartu Keluarga.
  2. KTP
  3. Ijazah SMA/MA/SMK atau sederajat
  4. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan sekolah kedianasan yang kamu akan ambil.

Jika kamu sudah mempersiapkan berkas dokumen di atas, maka silahkan simak panduan cara masuk STAN 2018 berikut.

Panduan Cara Masuk STAN 2018

Cara Masuk STAN 2018 dibagi menjadi 4 proses utama yaitu:

cara-masuk-stan

1 . Registrasi Awal Melalui Portal SSCN (sscndikdin.bkn.go.id)

Pendaftaran awal untuk calon peserta seleksi adalah melakukan registrasi di portal atau webKamu  SSCN. Silahkan klik link diatas kemudian cari menu “registrasi” atau bisa langsung klik disini.

  1. Registrasi NIK & No KK dan Pastikan NIK dan KK kamu sesuai dengan data terkini yang ada pada Dinas Kendudukan dan Catatan Sipil.
  2. Login, Isi form dengan data yang benar kemudian kirim.

Tata cara registrasi SSCN sekolah kedinasa Tahun 2018 selengkapnya dapat dilihat di sini

2. Login dan Isi Data Pada Web Registrasi PKN STAN (spmb.pknstan.ac.id)

Login pada web diatas dengan mengunakan NIK dan Password yang telah diregistrasi pada portal SSCN. Jika sudah login, silahkan mengisi data diri peserta, data pendidikan, data personal , data ujian dan pilihan program studi.

Jika sudah selesai, langsung saja unggah/upload dokumen-dokumen pendaftaran.

Pengisian form pendaftaran melalui sistem  online atau e-registration dilakukan melalui portal (http://spmb.pknstan.ac.id) pada tanggal 9-30 April 2018. Tahapannya adalah sebagai berikut:

1 . Login dengan menggunakan username dan password yang didaftarkan pada portal http://sscndikdin.bkn.go.idMengisi data pilihan unit penempatan (Kementerian Keuangan atau Non-Kementerian Keuangan)

2. Calon peserta mengisi data sesuai pilihan spesialisasi

3. Mengisi formulir pendaftaran online dan mengunggah pas foto (berlatar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta wanita yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos), dan dokumen yang dipersyaratkan (ijazah/rapor dan identitas diri). Bagi pendaftar calon lulusan tahun 2018 mengunggah Surat Keterangan Mengikuti Ujian Nasional yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah/pejabat yang berwenang.

Jadi kesimpulannya :

  1. Bagi pendaftar Reguler (Untuk program reguler silahkan upload file Pasfoto, Ijazahh/Raport dan identitas diri)
  2. Bagi pendaftar Afirmasi (Untuk program Afirmasi silahkan upload file Pasfoto,Identitas diri, Rekomendasi dari sekolah SMA atau sederajat,(Ijazah SD dan SMP) dan ijazah/raport SMA atau Akta kelahiran. KTP ayah atau ibu kandung, Surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan/kepala desa.

4 .Mengunci data dan mendapatkan kode MVA (Mandiri Virtual Account)

Jika sudah mengisi data diri dan upload file yang dibutuhkan, maka langsung saja kunci data pendaftaran tersebut. Setelah mengunci data, data pendaftaran dan dokumen-dokumen pendaftran, Anda sudah tidak dapat merubahnya lagi. Jadi sebelum mengunci data pendaftaran tersebut, dicek lagi dengan teliti.

3. Membayar Biaya Pendaftaran

1 . Periode pembayaran yaitu antara tanggal 9 April – 3 Mei 2018

2. Pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri, dengan cara setoran tunai, ATM, m-banking, atau internet banking (perhatikan tata cara pembayaran pada situs http://spmb.pknstan.ac.id) dengan menggunakan MVA

3. Sebelum melakukan pembayaran, calon peserta harus memastikan apakah semua syarat yang diperlukan sudah memenuhi seluruh persyaratan sebagaimana tercantum dalam butir A, sebab uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun

4. Calon peserta yang telah melakukan pengisian formulir pendaftaran online (e-registration) dan telah melakukan pembayaran di bank pada periode penyetoran, dapat mengunduh Bukti Peserta Ujian (BPU) melalui situs http://spmb.pknstan.ac.id dan mencetaknya di kertas HVS warna putih ukuran A4

4. Mencetak BPU (Bukti Peserta Ujian)

Cetak BPU (Bukti Peserta Ujian)  hanya dapat dilakukan setelah pembayaran dianggap sah oleh bank.

Peserta yang telah mengunduh BPU melampirkan pas foto berwarna terbaru ukuran 4 X6 cm (berlatar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta wanita yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos) pada tempat yang telah disediakan di BPU. Pas foto yang ditempel harus sama dengan yang diunggah pada saat pendaftaran online.

Itulah langkah-langkah alur cara pendaftaran ujian masuk STAN 2018. Silahkan diisi dilengkapi sesuai panduan diatas.

Selanjutnya tim verifikator akan melakukan verifikasi berkas atau dokumen yang sudah di upload. Jika berkas yang di upload dinyatakan lulus seleksi administrasi maka calon peserta didik dapat mengikuti proses seleksi selanjutnya.

Alur Pendaftaran SSCN Sekolah Kedinasan 2018

Alur Cara Masuk STAN

Apabila informasi cara pendaftaran STAN 2018 yang kami berikan masih kurang jelas, atau mungkin ada kendala selama proses pendaftaran, calon peserta dapat langsung menghubungi Panitia pusat SPMB PKN STAN melalui email : spmb@pknstan.ac.id. Informasi seputar STAN lainnya dapat di akses melalui Twitter: @pknstanid, Facebook: PKN STAN dan Instagram :@PKNSTAN. Semoga info yang kami bagikan memberikan manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: