+62 812-1036-0089 pejuangstan2018@gmail.com

Cara Masuk STAN Jurusan Perpajakan

Cara Masuk STAN PajakSejak dahulu sampai sekarang, program studi perpajakan PKN STAN masih menjadi salah satu program studi di PKN STAN yang paling  diminati. Sebab sebagain besar lulusannya akan di tempatkan di Direktorat Jenderal Pajak. Prodi ini identik dengan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) yang berwarna kuning terang. Mahasiswa Program Studi Perpajakan PKN STAN mempelajari hal-hal yang terkait dengan pajak, dan lain sebagainya. Selain itu juga akan mempelajari akuntansi, statistika, pengantar ilmu ekonomi, keuangan publik, dan pelajaran penunjang lainnya.

Jurusan Pajak di PKN STAN ada dua jenis, yaitu D1 dan D3. Untuk perbedaannya cuma di masalah waktu kuliah dan mungkin karier saat kerja nanti.
Persyaratan untuk Spesialisasi Pajak sama seperti spesialisasi yang lain di PKN STAN. Bedanya tidak seketat Spesialisasi Bea Cukai yang ada persyaratan khusus tinggi badan dan kesehatan mata.
Untuk mata kuliahnya :
– Matkul Umum PKN STAN (Akuntansi (wajib), hukum etika profesi, B.Indonesia, B.Inggris, Agama, dll)
– Matkul Spesialisasi, Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM). Dominan mempelajari pemahaman/aturan dalam undang-undang perpajakan. Jadi harus apal segala hal tentang pajak, terutama tarif-tarif pajak.
Untuk Prospek kerjanya nanti dibawah naungan Direktorat Jenderal Pajak (DJP), tapi ada beberapa sih  yang lulusannya ditempatkan di intansi lain, Kayak Sekretariat Jenderal, Ditjen Anggaran, Badan Pemeriksa Keuangan, BPKP atau instali lain.

Tes masuk STAN terdiri dri beberapa tahapan yang dimulai dari tes administrasi. Anda dapat melalui tahapan pertama ini jika sudah memenuhi syarat yang diberikan oleh panitia. Syarat administrasi biasanya berkaitan dengan kelengkapan dokumen yang harus Anda serahkan.  Berikut ini adalah beberapa syarat masuk STAN yang harus Anda penuhi:

1 . Usia minimal 17 tahun dan maksimal 21 tahun berdasarkan tanggal lahir pada ijazah. Usia ini dihitung berdasarkan tanggal yang sudah ditetapkan oleh panitia, biasanya digunakan tanggal 30 September sebagai patokan.

2. Tidak cacat badan, bebas dari narkoba (narkotika dan obat terlarang), dan berbadan sehat.

3. Memiliki ijazah SMA/ sederajat dengan berbagai jurusan, tapi untuk lulusan SMK, STAN hanya diperuntkkan bagi jurusan Akuntansi.

4. Nilai bahasa Inggris pada ijazah minimal 7.00. Pendaftar yang merupakan lulusan SMA/ sederajat dari luar negeri maka ijazahnya harus sudah disahkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional.

5. Nilai rata-rata pada ijazah minimal 7.00

6. Apabila nilai dalam ijazah bukan berupa angka maka nilai tersebut harus di-convert terlebih dahulu dengan skala 10. Keterangan dari sekolah tersebut kemudian harus dilampirkan pada ijazah.

7. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama masa pendidikan di STAN.

8. Syarat khusus sebagai syarat tambahan untuk Program Diploma Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai:

  • Laki-laki
  • Tidak buta warna
  • Tinggi badan 165 cm
  • Toleransi tingkat minus pada mata sebesar minus 3.

9. Menyetor biaya pendaftaran USM berjumlah Rp 150.000. Besaran biaya ini dapat berubah sesuai dengan ketentuan panitia.

Tips Persiapan Masuk STAN 

Apabila Anda sudah melalui tahapan pertama dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan diri untuk mengerjakan ujian USM, seperti ikut bimbel STAN garansi. Persiapan ini tidak hanya berkaitan dengan pengetahuan tapi juga kesiapan fisik dan mental. Berikut persiapan yang wajib Anda lakukan:

  1. Koleksi soal-soal USM

Banyak buku soal-soal USM yang bisa Anda dapatkan dipasaran, bahkan internet juga menyediakan berbagai jenis soal-soal USM. Beli buku-buku tersebut dan download soal melalui internet. Semakin banyak variasi soal yang Anda miliki maka pengetahuan Anda akan semakin bertambah.

  1. Perbanyak latihan

Jika Anda sudah memiliki berbagai variasi soal USM maka saatnya Anda mengasah otak dengan mengerjakan soal-soal tersebut. Apabila Anda menemui kesulitan maka segera tanyakan pada guru di sekolah atau teman yang pintar. Jadikan latihan ini sebagai kegiatan rutin Anda setiap hari.

  1. Ikuti try out

Beberapa sekolah atau bimbel biasanya mengadakan try out yang berkaitan dengan tes USM STAN. Tidak ada salahnya Anda mengikuti try out tersebut untuk mengetahui seberapa jauh persiapan yang sudah Anda lakukan. Setelah itu, Anda dapat mengetahui persiapan mana yang masih kurang. Biaya bimbel STAN tidak menjadi masalah jika Adna mendapatkan persiapan yang lebih maksimal.

  1. Siap mental

Bersaing dengan ribuan orang membuat Anda harus mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh. Tak jarang para siswa merasa stres karena hal tersebut. Untuk itu, tenangkan diri Anda ketika melakukan persiapan. Mengerjakan USM dengan tenang akan membuat otak Anda dapat berjalan dengan baik.

  1. Berdoa

Setelah melakukan segala persiapan maka Anda tinggal menyerahkan diri pada Tuhan. Berdoa dapat membuat hati dan pikiran kita tenang.

Bimbel STAN Terbaik

Tidak mudah untuk bisa masuk ke STAN. Banyak pesaing dan persyaratan yang harus kita lalui. Untuk itu, Anda harus mempersiapkan diri dengan maksimal agar bisa melalui tahapan tersebut dengan baik. Persiapan Anda akan semakin mudah jika Anda mengikuti bimbel belajar STAN. Banyak bimbel yang bisa Anda pilih, tapi Anda harus memilih bimbel yang benar-benar bisa membawa Anda ke perguruan tinggi impian ini. Garansi Masuk STAN. Banyak fasilitas yang akan Anda dapatkan dengan mengikuti bimbel ini. Persiapan syarat masuk STAN jurusan Perpajakan tidak hanya dilakukan pada pengetahuan saja, tapi juga aspek lainnya karena tes masuk STAN juga membutuhkan fisik yang kuat.

Sumber : garansimasukstan.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: