+62 812-1036-0089 pejuangstan2018@gmail.com

Cara Masuk STAN dengan Mudah

Cara Masuk STAN dengan Mudah – Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau STAN adalah perguruan tinggi  ikatan dinas terbaik. Sebab prospek kerja lulusannya sangat jelas, gaji menjanjikan serta tunjangan besar.  Melihat prospek tersebut tentu membuat PKN STAN diperebutkan oleh lulusan SMA/SMK dari berbagai penjuru Indonesia. Karena banyak saingannya, wajar jika USM atau Ujian Saringan Masuk STAN menjadi salah satu hal yang paling ketat dan persaingannya paling berat di seluruh negeri. Oleh sebab itu bagi Anda yang bertujuan masuk STAN, berikut terdapat beberapa  tips agar dapat lulus masuk STAN dengan mudah serta menjadi yang terbaik dibanding pesaing-pesaing Anda.

Tips Masuk STAN dengan Mudah

Persiapakan Mental dan Kemampuan Anda

Dalam USM STAN, terdapat tiga tahap pengujian, yaitu ujian tertulis, tes kesehatan fisik, wawancara, dan tes kemampuan dasar. Tes kemampuan dasar ini baru saja dijalankan sejak tahun 2016.

Sebelumnya, pos terakhir ini diisi oleh interview atau wawancara yang bertujuan untuk mengetahui pola pikir sang calon mahasiswa. Tes tertulis berbentuk pilihan ganda, berisi tes potensi akademik dan bahasa inggris.

Dari tiga tahap pengujian, semuanya memiliki bobot yang sama. Akan tetapi, tes tertulis perlu diberi perhatian khusus karena dilaksanakan secara kolektif dan berpotensi menyingkirkan banyak pesaing Anda di tahap ini.

Faktor pertama, untuk menjamin seberapa baik Anda akan mengerjakan tes, penting bagi Anda untuk melakukan persiapan yang matang. Anda dapat mulai dengan membuat program belajar, dengan terlebih dahulu memperhatikan jadwal pelaksanaan USM STAN.

Penting bagi Anda untuk belajar setiap hari agar dapat membiasakan diri dengan konsep-konsep maupun rumus yang akan diujikan. Juga tak kalah pentng, Anda dapat mulai mengumpulkan soal-soal USM STAN tahun lalu. Kumpulan soal seperti ini biasanya akan banyak beredar menjelang dimulainya USM.

Anda dapat mulai mengerjakan soal seolah-olah sedang try out sebelum ujian. Anda juga bisa menganalisis soal-soal tahun sebelumya untuk mendapatkan gambaran tentang model soal apa yang paling sering muncul.

Dengan memiliki gambaran seperti ini, Anda dapat berlatih pada soal-soal tersebut, termasuk meningkatkan bagian yang Anda rasa penguasaannya masih lemah.

Tips Sebelum Pendaftaran:

  • Ketahuilah terlebih dahulu tentang STAN (Sekarang PKN STAN bisa dilihat di www.stan.ac.id).
  • Jika anda ingin sekolah kedinasan tapi tidak suka keuangan, masih ada STIS(Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, bergerak di bidang Statistik), STSN(Sekolah Tinggi Sandi Negara, bergerak di bidang eksekutif negara), IPDN(Bergerak di bidang pemerintahan), Akabri(Kemiliteran), AKIP ato cari deh yang lainnya.
  • Beli buku soal-soal USM STAN dan mencari kiat jitu dalam menyelesaikannya.
  • Berlatihlah mengerjakan soal, dan berpaculah dengan waktu (Orang cerdas yg tidak biasa berlatih akan kalah dibandingkan orang yang biasa berlatih dan mengenal medan).
  • Cobalah berlatih mengenai pola angka, penalaran, skolastik, aritmetika, dan grammar.

. Tips saat pendaftaran:

  • Lengkapi persyaratan jauh hari sebelum penyerahan berkas.
  • Buatlah checklist apa saja yang harus dibawa saat pendaftaran dan cek ulang sebelum berangkat, dan saat di tempat pendaftaran.

 Tips memilih jurusan:

  • Nah, disinilah berlaku hukum Penawaran dan Permintaan. Semakin banyak jumlah penawaran, semakin besar peluang untuk bisa “goal”.
  • Pilihlah jurusan dengan jumlah penawaran yang terbanyak. dengan kata lain yang jumlah penerimaannya besar. Jurusan Akuntansi membutuhkan banyak orang (Waktu aku masuk STAN 2009, dibutuhkan sekitar 1000 orang untuk jurusan Akuntansi, tahun selanjutnya dibutuhkan 1500an), permintaan terbanyak lainnya jurusan Perpajakan.
  • Para Peserta diberikan 4 pilihan. Kalau dulu aku milihnya 1. Akuntansi, 2. Kebendaharaan Negara, 3.PPLN, 4. PBB. Tapi dasar nasib, pas kerja malah milih penempatan Bea Cukai, hahaha.
  • Bagi rekan-rekan yang kuat dalam berhitung disarankan untuk masuk ke jurusan Akuntasi Pemerintahan atau Perpajakan, sedangkan bagi rekan-rekan yang sangat kuat hafalannya bisa menyalurkannya di jurusan Kebendaharaan Negara ataupun di jurusan Pengurusan Piutang dan Lelang Negara (PPLN).
  • Jangan lupa pakai baju kemeja dan rapi-sopan saat melakukan pendaftaran dan penyerahan berkas2nya.

Untuk Anda katahui jika ingin masuk STAN 

Jurusan di STAN tidak mengenal passing grade. Banyaknya mahasiswa yang lolos ditentukan oleh kebutuhan pegawai Kemenkeu saat itu. Ingat saat ada moratorium PNS? Makanya saat masa itu STAN nggak buka penerimaan. Tapi ketika permintaan pegawai tinggi, maka mahasiswa yang diambil juga banyak.
Kalau untuk mahasiswa yang dipilih, berdasarkan sekian ribu nilai teratas langsung diambil. Misal begini, jumlah pendaftar ada 150.000. Ketika dibutuhkan 2.000 mahasiswa baru, langsung diambil 2.000 orang yang nilainya paling tinggi. Nilai-nilai teratas berhak menempati spesialisasi yang dia pilih, sampai kuota spesialisasinya terpenuhi, maka yang nilainya ada di bawahnya, berhak menempati spesialisasi pilihan keduanya, begitu seterusnya. CMIIW.
IMHO, perempuan harus memiliki nilai yang lebih tinggi, karena permintaan laki-laki lebih banyak. Sehingga bisa dilihat walaupun pendaftar USM lebih banyak wanita, tapi yang diterima lebih banyak laki-laki. See why? Mungkin sistem penerimaanSTAN juga memperhitungkan kuota perempuan dan laki-laki.

Tips mengerjakan soal saat USM:

  • Jangan melakukan kecurangan apapun. Curang di USM, cikal bakal menyontek setelah di STAN. Yang jadi cikal bakal DO atau korupsi setelah kerja di Kemenkeu.
  • Karena dikenakan sistem mati, kerjakanlah soal Bahasa Inggris terlebih dahulu sekitar 25 soal yang kalian anggap yakin (karena klo TPA dulu, pasti bakal banyak lama di bagian hitungan, mengakibatkan keasyikan hingga lupa masih ada soal B. Inggris) Lalu kerjakan soal TPA.
  • Ingat! Benar +4, salah -1, tidak diisi 0. Jagan coba” untuk menembak jawaban yang anda rasa tidak yakin.
  • Klo dirasakan terdapat 2 jawaban yang memungkinkan, silakan tembak dengan hati. Tapi kalau ada 3 jawaban yang memungkinkan, skip aja deh daripada salah.
  • Bagi yang kuat hitungan, lewati terlebih dulu soal yang berkaitan dengan teks. Ini aku banget, males baca teks panjang.
  • Lewati dulu soal hitungan yang teksnya panjang (karena kita akan lebih lama untuk mencerna maksud soal, buang waktu!!)
  • Lewati dulu soal yang pendek tp dirasakan lama untuk perhitungannya!! (Contohnya: 56,342*43,662 =…, silakan hitung secara manual,,panjang bo!! Kan nggak pakai kalkulator.)
  • Di USM 2009 terdapat 20 soal penalaran, jika benar semua poin anda +80, banyak-banyaklah berlatih sebelumnya.
  • Kerjakan kembali soal B. Inggris, jika dirasakan tidak suka soal teks, gak usah dikerjakan (Tapi lihat lagi di bagian soal teks, ada soal sinonim atau mengisi kata dengan grammar yang tepat)
  • And bisa mencoba urutan ngerjain soal USM STAN-nya kayak gini: TPA (Antonim, Sinonim, Aritmatika Dasar), Penalaran, Grammar, Balik ke TPA yang belum diisi, terakhir soal yang teksnya panjang.

Jika Anda masih mengalami  kesulitan, Anda bisa konsultasi kepada kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: