+62 811-8444-234 pejuangstan2018@gmail.com

Sejarah Singkat STAN (Sekolah Tinggi Akuntasi Negara)

Sejarah Singkat STAN

STAN yang memiliki kepanjangan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. STAN merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang sangat terbesar di Indonesia. Sekolah kedinasan ini adalah satu tujuan utama dan favorit bagi para lulusan SMA untuk melanjutkan jenjang pendidikan mereka. STAN menjadi salah satu unggulan bagi mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademik tinggi di bidang keuangan dan perpajakan. Jaminan kerja setelah lulus merupakan daya tarik utama dan termasuk keunggulan STAN yang mampu menarik ribuan pelamar setiap tahunnya. Kemudian, Apa saja syarat masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) tersebut? Ikuti terus informasinya dalam website ini.

masuk stan

STAN  Perguruan Tinggi Ikatan Dinas (PTIN) yang berada dalam  naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. STAN telah berdiri sejak tahun 1977, namun mulai tahun 2015 STAN berubah nama menjadi Politeknik Keuangan Negara  STAN (PKN STAN). Tidak sembarang orang bisa menjadi mahasiswa di STAN. Syarat untuk masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) terkenal sangat berat dan ujian masuknya juga sangat ketat.

Departemen Keuangan adalah komponen penting dalam suatu negara. Untuk menjaga agar kinerja Lembaga tetap optimal, diperlukan pula aparat keuangan yang juga berkualitas dalam menyusun sistem organ tersebut. Sejak awal berdirinya Indonesia, Departemen Keuangan telah menyadari bahwa diperlukan aparat keuangan yang memiliki kualitas terbaik dan terpilih dari generasi bangsa. setelah pengakuan kedaulatan, tepatnya setelah 1956, sehingga terjadi pergantian pimpinan di Departemen Keuangan yang bermula dari orang-orang Belanda kepada orang-orang Indonesia. Pemerintah pun akhirnya sadar perlu adanya tenaga-tenaga ahli dari anak bangsa Indonesia sendiri. Solusi dari msalah tersebut maka Departemen Keuangan mengirimkan kader-kadernya untuk menimba ilmu di dalam dan di luar negeri serta menyelenggarakan kursus-kursus dan pendidikan tinggi. Diantara kursus yang telah di laksanakan adalah Ajun Akuntan Negara dan Ajun Akuntan Pajak pada tahun (1952), Kursus Djabatan Adjun Akuntan (KDAA) tahun (1953), Akademi Pajak dan Pabean (AP2) (1957), Kursus Thesauri Negara (1958), Kursus Djabatan Pembantu Akuntan (KDPA) tahun (1959).

Tepat di tanggal 5 Oktober 1959 Akademi Pajak dan Pabean (yg didirikan th.1957) resmi dibubarkan. Sebagai penggantinya maka lahirlah STIKN berdasarkan keputusan Menteri Keuangan Nomor : 175042/UP/X tanggal 31 Desember 1959. Di awal pembentukannya, baru ada empat jurusan/spesialisasi yaitu Akuntansi, Pajak Umum, Bea Cukai dan Kebendaharaan Umum dengan masa pendidikan lima tahun. Setelah itu didirikan juga Akademi Thesauri Negara yang sering disingkat ATN tahun 1960, yang didirikan dengan tujuan menyediakan tenaga ahli yang cakap di bidang keuangan negara dalam rangka pelimpahan tugas administrasi keuangan. Akademi ini didirikan dengan berdasarkan SK Menteri Keuangan Nomor: 2815/UP/X tertanggal 7 April 1960. Kemudian berturut-turut diadakan Akademi Djabatan Adjun Akuntan (ADAA) tahun 1960, Akademi Dinas Pemeriksaan Keuangan (ADPK) tahun 1963 yang merupakan akademi dibawah Badan Pemeriksa Keuangan dengan lama pendidikan lima tahun. Akademi Perbendaharaan Negara (APN) tahun 1965, Akademi Adjun Akuntan Negara (A3N) dan dan Akademi Adjun Akuntan Pajak (A3P) tahun 1967.

bimbel masuk stan (2)

Pada tahun 1967, berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Keuangan dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: Kep.302/Menkeu/2967 (3/PT/1967) tanggal 15 Desember 1967 yang kemudian dipertegas dengan Keputusan Presiden RI Nomor:167 tanggal 6 Mei 1968, didirikanlah IIK. IIK merupakan integrasi dari beberapa pendidikan di lingkungan Departemen Keuangan dan Badan Pemeriksa Keuangan, antara lain: STIKN, A3N, A3P, ATN dan ADPK. IIK berpusat di jakarta dan memiliki cabang di tiga kota, yaitu: Medan, Bandung, dan Surabaya. Ada empat jurusan dalam institut ini, yaitu: Akuntansi, Pajak Umum, Bea Cukai dan Kebendaharaan Umum. Namun dalam perkembangannya, berdasarkan Keputusan Presiden RI No.34 tahun 1972 tentang Tanggung Jawab Fungsional Pendidikan dan Latihan yang ditegaskan dalam Instruksi Presiden Nomor 15 tahun 1974, pimpinan Departemen Keuangan memutuskan untuk meninjau kembali status IIK dan akhirnya menganggap tidak perlu lagi mempertahankan status IIK ini.

Pada masa berakhirnya IIK pada 1974, keluarlah Keputusan Presiden Nomor : 44 tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Organisasi Departemen, disusul KEPMENKEU No 405/MK/6/4/1975 tentang susunan dan organisasi dan tata kerja Departemen Keuangan, berdasarkan keputusan ini maka lahirlah Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan yang susunan organisasinya meliputi Sekretariat Badan, Pusdiklat Kebendaharaan Umum, Pusdiklat Perpajakan, Pusdiklat Bea dan Cukai, Pusdiklat Pengawasan, Pusdiklat Ipeda dan Pegadaian, dan Pusdiklat Akuntansi Negara (STAN).

Pada tahun 1975, masa momen pembubaran IIK, dengan pertimbangan bahwa pada masa itu perguruan tinggi negeri yang ada belum sanggup untuk mendidik tenaga akuntan, sementara IIK sendiri harus ditutup, maka didirikanlah Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Pendirian STAN berdasarkan keputusan Presiden Nomor : 45 Tahun 1974 jo. Keputusan Presiden Nomor:12 Tahun 1967. Baru pada tanggal 17 Maret 1975 melalui Surat Keputusan No.13495/MPK/1975 diperoleh izin penyelenggaraan pendidikan akuntan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Dengan KEPPRES 15 tahun 1984 susunan organisasi BPLK terjadi perubahan, yaitu berpisahnya Pusdiklat Pengawasan yang bergabung dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan dan timbulnya Pusdiklat Pegawai yang menangani Sekolah Pimpinan Administrasi dan Seminar Ketrampilan Manajemen. Dalam KEPPRES tersebut STAN tidak dibawah BPLK namun pembinaannya berada dibawah BPLK.

Dalam perkembangannya Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, yang secara stuktur ditetapkan dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 1/PMK/1977 tanggal 18 Februari 1977, mengalami peleburan dengan Program Diploma Bidang Keuangan. Program tersebut awalnya dikelola oleh Pusdiklat-pusdiklat yang ada dalam struktur BPLK. Program Diploma Bidang Keuangan dilimpahkan tanggung jawab pengelolaanya kepada Direktur Sekolah Tinggi Akuntansi Negara sesuai dengan Surat Tugas Kepala Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan Nomor ST-098/BP/1997 Tanggal 31 Oktober 1997 dan Surat Edaran Kepala Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan Nomor SE-048/BP/1998 Tanggal 29 Oktober 1998.

bimbingan belajar STAN

UJIAN SYARAT MASUK STAN 

Meskipun nama STAN sudah tranformasi menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN, akan tetapi sebutan STAN saja masih ada dibenak masyarakat. Nah, ujian seleksi masuk (USM) STAN dilaksanakan setiap tahun. Ada beberapa syarat masuk STAN yang harus Anda penuhi diantaranya adalah

ALUR PENDAFTARAN USM STAN

Pendafataran Ujian Saringan Masuk STAN saat ini dilakukan secara online. Sebelum melakukan pendaftaran online via website resmi USM STAN, Anda harus menyiapkan beberapa dokumen yang diperlukan. Dokumen-dokumen tersebut akan diupload dalam situs pendaftaran USM STAN. Syarat yang harus anda siapkan untuk mendaftar Ujian Saringan Masuk (USM) STAN  tahun 2017 diantaranya adalah

  1. LULUS SMA/SMK/SEDERAJAT
  2. MELAMPIRKAN PASFOTO 3×6 TERBARU
  3. MELAMPIRKAN NILAI RAPORT DARI SEMSTER I-V DAN MENCANTUMKAN NILAI AKHIR YANG TERTULIS PADA IJAZAH.
  4. MENGISI FORMULIR PENDAFTARAN SECARA ONLINE.

Alur yang harus Anda ikuti untuk mendaftar USM STAN secara online yaitu:

  1. Anda harus mengisi data pribadi melalui portal panseldikdin.menpan.go.id.
  2. Untuk melakukan pendaftaran, Anda dapat klik ikon pendaftaran yang tertera di layar.
  3. Kemudian isikan No. Identitas keluarga (NIK) yang sesuai dengan Kartu Keluarga. Isikan kode capta yang terdapat di layar dengan tepat, kemudian klik ikon submit.
  4. Setelah berhasil, maka Anda akan diarahkan ke halaman pengisian identitas diri. Anda akan diminta untuk mengisi identitas dan alamat email yang masih aktif. Selain itu, Anda juga harus menyertakan kata kunci dan membuat password. Setelah semua isian lengkap, kemudian klik submit.
  5. Jika tahap 1-4 telah berhasil Anda lakukan, maka kemudian akan muncul keterangan “registrasi berhasil/pendaftaran berhasil”. Komputer Anda akan otomatis mengunduh dokumen bukti pendaftaran USM STAN. Anda harus menyimpan bukti ini untuk melanjutkan tahap ujian berikutnya.
  6. Bukti pendaftaran online tersebut harus anda bawa ketika mengikuti Ujian Seleksi Masuk STAN. Selain bukti pendaftaran, biasanya Anda juga harus membawa identitas diri berupa KTP ataupun SIM.
  7. Jika terdapat masalah saat pendaftaran online USM STAN ini, maka Anda disarankan untuk segera mengunjungi situs resmi usm.stan.ac.id. Dalam situs resmi ini ada berbagai penjelasan mengenai syarat dan tata cara pendaftara online USM STAN.
  8. Semua data yang Anda kirimkan saat mendaftar USM STAN secara online harus merupakan data asli dan bukan hasil rekayasa.
  9. Jika suatu saat Anda terbukti memalsukan data, maka pihak STAN berhak untuk mengambil tindakan tegas.
  10. Panitia pelaksana juga berhak memberhentikan calon mahasiswa jika terbukti memakai obat-obatan terlarang (narkotika).

Itulah di atas informasi mengenai syarat masuk STAN dan juga tata caranya. Idealnya, lakukan persiapan matang jauh-jauh hari, untuk mengikuti USM STAN, karena Anda akan berkompetisi dengan ribuan calon mahasiswa lain di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: